Kasur Busa, Kesehatan Tidur

Tips Penting Menjaga Kebersihan Kasur

 

Kasur tidur memiliki fungsi utama sebagai tempat untuk tidur dan beristirahat. Faktanya, banyak orang melakukan berbagai aktivitas di atas kasur yang seharusnya tak dilakukan. Aktivitas ini seringkali membuat kasur lebih mudah kotor dan akhirnya membuat tidur tak lagi nyaman. Nah, berikut ini tips penting menjaga kebersihan kasur supaya tempat tidur benar-benar layak dipakai sebagai tempat beristirahat yang nyaman.

  • Menggunakan pelapis kasur

Jika Anda memiliki anak-anak yang masih kecil, tentu cukup sulit melarang mereka bermain di atas kasur. Semakin sering dilarang, anak-anak justru akan semakin tertarik untuk bermain di kasur. Frustasi? Sama sekali tak perlu! Ada solusi untuk mengatasi masalah ini. Anda hanya perlu menambahkan pelapis kasur. Saat ini tersedia pelapis kasur yang mudah dilepas dan dipasang kembali, serta bisa dicuci dengan gampang.

Tak hanya menjaga kebersihan kasur saja, pelapis kasur ini juga bisa menghambat resapan air seni ketika anak mengompol sehingga menjadikan kasur lebih awet.  Selain itu, pelapis kasur melindungi Anda dan buah hati dari tungau kasur. Tertarik untuk memilikinya?

  • Mengganti bantal lama

Kasur memang sebaiknya segera diganti jika sudah terasa tak nyaman lagi digunakan. Lalu bagaimana dengan bantal dan guling? Para ahli merekomendasikan untuk mengganti bantal dan guling setidaknya setahun sekali. Alasannya, bantal dan guling juga bisa menjadi sumber debu dan tempat berkembangnya bakteri serta kutu. Jangan sampai kasur yang baru terkontaminasi dengan bakteri dan kutu yang ternyata berasal dari bantal dan guling yang lama.

  • Awas hewan peliharaan!

Menyayangi hewan peliharaan seperti kucing atau anjing boleh-boleh saja. Tetapi sebaiknya jauhkan hewan-hewan peliharaan Anda dari kasur. Bulu-bulu hewan kesayangan bisa mengotori kasur. Tak sampai di situ saja, bulu-bulu tersebut membuat Anda beresiko terkena alergi. Bulu-bulu hewan yang rontok membuat Anda juga harus membersihkan sprei lebih sering dan menyedot kasur dengan penyedot debu. Merepotkan, bukan?

  • Remah-remah makanan

Sebagian orang punya kebiasaan mengemil sebelum tidur sambil menonton televisi dari atas kasur. Tujuannya tak lain untuk mengundang rasa kantuk. Sayangnya, kebiasaan ini berakibat buruk bagi kebersihan kasur dan juga kesehatan tubuh. Remah-remah makanan membuat kasur cepat kotor dan akhirnya mengundang semut dan kecoa. Belum lagi noda-noda minyak yang mengotori sprei dan menimbulkan bau.

Sebaiknya hentikan kebiasaan mengemil di atas tempat tidur dan cobalah melakukan aktivitas lain yang bisa mengundang rasa kantuk. Misalnya saja, membaca atau mendengarkan musik. Dengan cara ini, tempat tidur terjaga kebersihannya dan Anda bisa tetap nyaman beristirahat.

  • Ganti baju dulu

Sepulang dari bekerja, tentu Anda ingin segera berbaring di atas kasur yang empuk untuk melepas lelah. Namun sebaiknya gantilah baju terlebih dahulu. Sebab keringat, bakteri dan kotoran yang menempel di baju kerja akan mengotori kasur Anda. Tak terkecuali jika Anda bekerja seharian di dalam ruangan, mengganti baju sebelum merebahkan diri di atas kasur tetap wajib dilakukan.

  • Menyedot kasur

Menjemur kasur ternyata tak cukup untuk menjaga kebersihan kasur. Menjemur kasur selama tiga jam memang bisa membasmi semua kuman dan kutu. Tetapi tindakan tersebut tidak bisa menghilangkan resiko terkena alergi. Sebab residu yang ditinggalkan oleh kuman dan kutu tak akan hilang dalam proses penjemuran tersebut. Lantas apa yang harus dilakukan?

Untuk membersihkan kasur dengan tuntas, taburkan tipis-tipis baking soda di permukaan kasur dan diamkan selama kurang lebih 10 menit. Sesudah itu, sedotlah dengan menggunakan mesin menyedot debu. Atau jika Anda memiliki steamer genggam, pakailah alat tersebut di permukaan kasur. Dengan cara-cara tersebut, kasur bersih tuntas dan kembali nyaman digunakan.

Nah, dengan memperhatikan tips penting menjaga kebersihan kasur ini, Anda pastinya akan merasakan istirahat yang nyaman. Selain itu, kasur yang terawat tentu membuat masa pakai menjadi lebih lama atau setidaknya sesuai dengan masa pakai yang seharusnya. Perlu diketahui, penggantian kasur tidur direkomendasikan setiap 7 tahun. Jangan tunggu kasur kempes atau tak berfungsi dengan baik, sebab hal tersebut akan mengganggu istirahat Anda dan akhirnya bisa berdampak pada kesehatan.

Tagged , , , , ,

About tokoinoac.com

Toko INOAC merupakan toko resmi kasur busa dan sofa bed yang diproduksi oleh PT. Inoac Polytechno Indonesia.
View all posts by tokoinoac.com →

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.