Kamar Tidur, Kesehatan Tidur

12 Tips Tidur Nyenyak Saat Cuaca Panas

Tinggal di negara yang hanya punya dua musim membuat kita semua pernah merasakan hal ini: berbaring ke sana kemari semalaman di atas kasur karena panas dan berakhir membasahi sprei dengan keringat. Tidur di dalam cuaca panas memang bukan hal yang menyenangkan. Apalagi untuk Anda yang tidak memasang AC di dalam kamar.

Lantas bagaimana caranya kita bisa tidur nyenyak tanpa AC? Apakah bisa? Tentu saja bisa! Ada beberapa langkah yang bisa Anda lakukan untuk mengalahkan gerah di malam hari dan tidur nyaman sampai pagi!

1. Mulai dengan Kasur Anda

Mengganti kasur hanya karena cuaca yang semakin panas mungkin terdengar agak berlebihan. Namun jika Anda memang sudah punya rencana mengganti kasur, mungkin kali ini adalah wakti yang tepat. Jangan repot-repot berkeliling mencari kasur yang tepat karena Inoac menyediakan kasur busa dengan kualitas terbaik dan akan menjaga Anda dari rasa gerah yang melanda saat sedang tidur.

2. Pilih Bahan Katun

Kasur yang memiliki kualitas baik tetap tidak akan mampu melindungi Anda dari rasa gerah jika sprei yang Anda gunakan berbahan panas. Ganti sprei Anda dengan yang berbahan katun yang breathable dan memiliki permukaan lembut.

Tidak cukup hanya dengan sprei, bahan piyama yang Anda pakai saat tidur juga akan memengaruhi suhu tubuh saat sedang tidur. Gunakan pakaian yang longgar, tinggalkan baju berbahan satin, sutra atau polyester untuk mendapatkan tidur nyaman di atas kasur busa Anda tanpa khawatir gerah.

3. Ganti Bantal Anda

Penasaran kenapa selama ini Anda selalu merasa kegerahan saat sedang tidur? Masalahnya mungkin ada pada bantal Anda. Teknologi pembuatan bantal sudah maju pesat selama beberapa tahun terakhir. Ada bantal merek tertentu yang dibuat dengan teknologi khusus untuk menghilangkan kelebihan panas. Bantal-bantal ini bahkan tetap terasa dingin saat di sentuh di malam yang gerah sekalipun.

4. Maksimalkan Kipas Angin di Rumah Anda

Tidak punya AC? Kenapa tidak mencoba berkreasi dengan kipas angin yang ada di rumah? Coba letakkan satu kantung es di depan kipas agar angin yang mengarah ke ranjang terasa lebih sejuk. Cara lain untuk mengusir gerah adalah dengan meletakkan kipas dekat dengan jendela atau ventilasi untuk mengusir udara yang panas ke luar kamar. Anda juga bisa melakukan berbagai eksperimen sendiri untuk menentukan posisi kipas angin yang paling pas dengan sirkulasi kamar Anda.

5. Pasang Kipas Angin Anda dengan Benar

Jika Anda memiliki kipas angin yang dipasang ke langit-langit, pastikan baling-balingnya berputar berlawanan dengan arah jarum jam. Putaran ini akan membuat udara panas yang melingkupi Anda naik ke atas menjauhi tempat tidur. Sebaliknya, jika kipas berputar searah jarum jam, udara panas hanya akan berputar dan kembali kepada Anda dan membuatnya menjadi lebih gerah.

6. Perhatikan Seisi Kamar

Selain cuaca di luar yang sedang panas, coba perhatikan lagi faktor lain di dalam kamar yang mungkin membuat udara di dalamnya naik. Apakah jendela Anda menggunakan tirai yang terlalu tebal sehingga panas siang hari tertahan di dalam? Apakah ventilasi Anda kurang besar dan kotor sehingga sirkulasinya kurang bagus? Barang-barang yang terlalu banyak dan berantakan juga bisa menghalangi sirkulasi dan membuat udara menjadi semakin gerah. Dengan membereskan masalah-masalah di atas, bisa jadi suhu gerah di dalam kamar bisa sedikit berkurang.

7. Turunkan Kasur

Posisi tidur yang terlalu dekat dengan langit-langit kadang menjadi penyebab Anda kegerahan di malam hari. Saat musim panas, Anda bisa menurunkan kasur ke posisi yang lebih dekat dengan lantai. Kasur busa Inoac yang Anda miliki bisa Anda turunkan langsung ke atas lantai untuk meredam rasa gerah yang menyerang.

8. Matikan Lampu

Mematikan lampu adalah hal yang biasa kita lakukan saat akan tidur. Tapi pasti ada di antara Anda yang memilih tidur dengan lampu menyala sepanjang malam. Bola lampu apapun (bahkan yang ramah lingkungan), akan mengeluarkan panas saat ia dinyalakan. Coba manfaatkan cahaya alami semaksimal mungkin dan pertahankan suhu ruangan tetap sejuk setelah gelap dengan meminimalkan penggunaan lampu atau jangan gunakan lampu sama sekali.

9. Matikan Semua Peralatan Elektronik yang Mungkin Mengeluarkan Panas

Selain kipas angin, coba matikan semua gadget yang berpotensi mengeluarkan panas di dalam kamar. Cabut kabel komputer dan hairdryer yang tidak digunakan. Selain mengurangi panas, cara ini juga akan membantu menghemat energi.

10. Gantungkan Kain Basah di Depan Jendela yang Terbuka

Di sore hari sebelum hari mulai gelap, coba gantungkan sehelai handuk atau kain basah di depan jendela yang terbuka. Angin yang berhembus akan mengantarkan udara dingin sehingga suhu panas di dalam kamar bisa berkurang.

11. Tidur dengan Gaya Orang Mesir

Orang Mesir diketahui memiliki cara unik untuk menjaga tubuhnya tetap sejuk di cuaca panas. Tidur dengan metode orang Mesir ini bisa Anda lakukan dengan merendam lembaran handuk ke dalam air dingin dan menggunakannya sebagai selimut. Agar ketika digunakan tidak membasahi kasur, coba lapisi terlebih dahulu dengan handuk kering sebelum Anda gunakan untuk menutupi tubuh.

12. Ubah Cara Makan Anda

Pola makan ternyata juga memiliki pengaruh terhadap panas tubuh. Menyantap makanan dalam porsi kecil namun sering akan mengurangi panas karena metabolisme yang berat. Ini akan membantu Anda menjaga suhu tubuh lebih dingin di malam hari.

Kesimpulan

Tidak ada orang yang suka tidur dengan cuaca panas di sekitarnya. Ada banyak cara yang bisa Anda lakukan untuk mengurangi gerah di malam hari meski tanpa AC sekalipun. Cara yang pertama adalah mengganti kasur Anda dengan bahan busa yang nyaman seperti kasur busa Inoac. Setelahnya, lapisi dengan sprei berbahan katun karena bahan ini memiliki sirkulasi udara yang bagus sehingga panas dari tubuh tidak tertahan dan kembali lagi ke tubuh kita. Posisikan kasur Anda dekat dengan lantai agar rasa gerah berkurang.

Cara lain yang bisa Anda lakukan adalah dengan meletakkan es di depan kipas angin, mengenakan piyama dengan bahan nyaman (bukan sutra atau satin yang cenderung menahan panas tubuh) seperti katun atau polyester. Makan dengan cara yang benar juga bisa membantu suhu tubuh turun di malam hari.

Tagged , , ,

About tokoinoac.com

Toko INOAC merupakan toko resmi kasur busa dan sofa bed yang diproduksi oleh PT. Inoac Polytechno Indonesia.
View all posts by tokoinoac.com →

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.