Hidup Sehat, Kesehatan Pikiran, Kesehatan Tidur

Bagaimana Hewan Peliharaan Bisa Bermanfaat bagi Kesehatan

Manfaat pelihara hewan

Kebanyakan orang memelihara hewan adalah karena hobi dan rasa sukanya terhadap hewan tertentu. Mereka memiliki kucing atau anjing tanpa tahu bahwa ada manfaat pelihara hewan yang bisa mereka peroleh.

Hewan peliharaan itu pada dasarnya seperti anggota keluarga yang lain. Mereka membutuhan perhatian dan kasih sayang. Tapi jika Anda melakukannya dengan sepenuh hati, ada manfaat pelihara hewan yang bisa Anda dapatkan dan ini bisa membuat kesehatan pikiran dan tubuh kita menjadi lebih baik.

Manfaat pelihara hewan ternyata sangat banyak dan sudah terbukti secara ilmiah. Apa saja? Simak penjelasan lengkapnya berikut ini!

Meningkatkan Kesehatan Mental

Hewan peliharaan secara positif bisa berkontribusi pada kesehatan mental secara emosional maupun fisik. Secara emosional, memiliki hewan peliharaan dapat membantu mengurangi tingkat stress, kecemasan dan depresi.

Jika Anda punya peliharaan, Anda tentu menyadari bahwa hewan bisa tahu ketika tuannya sedang dalam keadaan marah atau sedih. Intuisi inilah yang membuat mereka bisa menjadi pendukung terapi, terutama bagi Anda yang memiliki masalah kecemasan, depresi bahkan PTSD (gangguan stress pasca trauma).

Kesehatan Fisik yang Lebih Baik

Manfaat pelihara hewan berikutnya adalah kemapuannya dalam meningkatkan kesehatan fisik pemiliknya. Hal ini berlaku terutama bagi Anda yang memiliki hewan peliharaan anjing. Mengajak anjing Anda berjalan-jalan di sore hari sudah termasuk kategori olahraga ringan hingga menengah. Itu sebabnya kenapa pemilik anjing jarang yang mengalami obesitas.

Hal yang sama juga berlaku bagi pemilik kucing. Memiliki seekor kucing di rumah akan menurunkan risiko kematian akibat penyakit kardiovaskular termasuk stroke dan serangan jantung. Menurut data dari Huma Animal Bond Research Institute (HABRI), orang yang tidak memiliki kucing memiliki risiko relatif 40% lebih tinggi daripada mereka yang tidak memiliki kucing.

Proses Penuaan yang Lebih Sehat

Penelitian menunjukkan bahwa lansia mendapatkan dukungan sosial dan emosional dari hewan peliharaan yang mereka miliki. Secara langsung ini bisa mengurangi risiko kesepian dan depresi. Selain membantu pemiliknya melakukan olahraga dan menurunkan tingkat stress, hewan peliharaan juga bisa membantu dalam pengobatan penyakit jangka panjang seperti Alzheimer dan demensia.

Persahabatan yang terjadlin dengan hewan peliharaan juga merupakan kunci penting bagi pasien kanker dan mereka yang dirawat di rumah sakit. Ketika perawatan digabugkan degan aktivitas yang dibantu hewan, keberadaan hewan peliharaan ternyata bisa membantu pasien dalam manajemen rasa sakit serta dalam interaksi mereka dengan dokter dan perawat. Pasien-pasien dengan hewan peliharaan juga cenderung merespon pengobatan dengan lebih baik dan dilaporkan mengalami peningkatan kualitas hidup.

Meningkatkan Interaksi Sosial dengan Lingkungan Sekitar

Banyak orang yang mengalami stress karena kurangnya interaksi dengan lingkungan di sekitar. Memiliki hewan peliharaan bisa membantu memberi Anda kesempatan untuk melakukan interaksi sosial yang lebih baik. Terutama jika Anda bergabung dengan klub hewan atau berkunjung ke pertunjukan hewan.

Mengunjungi kafe hewan atau mengikuti event yang pet-friendly bisa membantu Anda memperluas jaringan. Anda bisa memiliki teman baru dengan kesukaan yang sama hanya dengan mengajak anjing Anda jalan-jalan. Ini akan sangat membantu bagi mereka yang memiliki masalah fobia sosial.

Memiliki hewan pada dasarnya lebih dari sekadar memiliki teman saja. Ada berbagai manfaat pelihara hewan yang bisa Anda dapatkan. Ibarat hubungan simbiosis, maka hewan dengan pemiliknya memiliki hubungan mutualisme. Tertarik memiliki hewan untuk meningkatkan kesehatan fisik dan mental Anda?

Tagged , ,

About tokoinoac.com

Toko INOAC merupakan toko resmi kasur busa dan sofa bed yang diproduksi oleh PT. Inoac Polytechno Indonesia.
View all posts by tokoinoac.com →

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *