Hidup Sehat, Kesehatan Tidur, Tips Tidur

Tips Tidur Nyenyak Bagi Penderita Asam Lambung

asam lambung

Penyakit maag memang bisa menghampiri siapa saja. Salah satu akibat sakit maag adalah asam lambung yang naik membuat rasa tidak nyaman di perut hingga mual dan muntah. Tidur dengan asam lambung yang kambuh akan sangat mengganggu kenyamanan.

Susah tidur nyenyak akibat asam lambung?

Asam lambung bisa sangat tidak nyaman bagi penderitanya. Apalagi saat rebahan untuk istirahat. Rasa perut yang kembung dan terkadang disertai tenggorokan panas dapat membuat seseorang susah tidur nyenyak.

Jika Anda mengalami susah tidur nyenyak dan nyaman karena asam lambung, para ahli merekomendasikan tips berikut ini untuk meringankan rasa sakitnya.

  • Ubah posisi tidur Anda

Asam lambung bisa jadi mimpi buruk untuk Anda. Salah satu cara untuk meringankan adalah dengan tidur miring ke sisi kiri. Posisi ini dianggap paling tepat untuk mengurangi gejala asam lambung karena gravitasi bumi membuat perut Anda berada di bawah esofagus. Yang artinya, asam akan sulit naik ke tenggorokan dan membuat perut kembung.

Anda tidak disarankan untuk tidur terlentang karena asam mudah naik ke tenggorokan dan memperparah gejalanya.

  • Tidur dengan posisi kepala lebih tinggi daripada perut

Posisi ini sama dengan posisi tidur miring ke kiri, dimana posisi perut lebih rendah sehingga asam tidak dapat naik akibat pengaruh gravitasi.

Posisi terbaik adalah dengan membuat posisi tidur dimana bagian punggung sedikit menekuk sehingga tak hanya posisi kepala saja yang lebih tinggi tetapi posisi dada juga lebih tinggi dari perut.

  • Perhatikan menu makan Anda

Makanan di bawah ini perlu diperhatikan asupannya kaena dapat memperparah kondisi luka lambung yang menyebabkan asam semakin meningkat.

  1. Makanan pedas
  2. Alkohol dan kafein
  3. Makanan yang asam seperti tomat dan citrus
  4. Bawang putih dan bawang bombay
  5. Makanan berminyak

Selain itu, sebaiknya berhenti makan 3 jam sebelum tidur agar lambung tidak memproduksi asam berlebih saat Anda tidur. Makan malam pun sebaiknya tidak dalam porsi terlalu besar karena dapat membuat tidur nyenyak Anda terganggu akibat produksi asam berlebih.

  • Diet menurunkan berat badan

Asam lambung ternyata memiliki kaitan dengan berat badan. Kelebihan berat badan dapat menekan diafragma dan perut sehingga asam lambung semakin cepat naik. Untuk mengurangi rasa tidak nyaman akibat asam lambung, Anda dapat melakukan diet sehat untuk menurunkan berat.

Penyesuaian gaya hidup

Anda dapat melakukan penyesuaian gaya hidup agar asam lambung tidak mudah menghampiri dan mengganggu tidur nyenyak Anda. Ketidaknyamanan saat maag kumat memang dapat mengganggu produktivitas dan kualitas tidur Anda.

About tokoinoac.com

Toko INOAC merupakan toko resmi kasur busa dan sofa bed yang diproduksi oleh PT. Inoac Polytechno Indonesia.
View all posts by tokoinoac.com →

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *