Kesehatan Tidur, Tips Tidur

Benarkah Cara Tidur Mempengaruhi Penampilan Wajah?

Ternyata tidak selamanya cantik itu berasal dari makanan sehat dan produk perawatan kulit. Cara kita tidur di kasur pun bisa mempengaruhi penampilan kita sehari-hari. Tidak percaya? Yuk, simak beberapa fakta berikut!

“Anda kok terlihat sangat letih?”

Pernahkah seseorang bertanya seperti itu kepada Anda? Jika pernah, itu berarti tanda-tanda kelelahan ada pada wajah Anda. Tak dapat dipungkiri, rasa lelah bisa terjadi karena kita terlalu banyak bekerja dan kurang istirahat.

Catherine Zeta-Jones dan Penelope Cruz adalah beberapa artis papan atas yang menerapkan tidur yang berkualitas agar kulit tampak lebih bersinar. Hal ini telah dibuktikan oleh studi klinis bahwa tidur yang cukup memiliki banyak manfaat bagi kesehatan, termasuk penampilan.

Bagian wajah mana saja yang terpengaruh jika Anda kurang tidur?

Penelitian yang dilansir oleh jurnal Sleep mengemukakan bahwa dampak negatif kurang tidur sangat terlihat pada fisik seseorang terutama bagian wajah. Dengan membandingkan individu yang tidurnya cukup dengan individu yang kurang tidur hingga 31 jam lamanya, ditemukan bahwa mereka yang kurang tidur kulitnya terlihat kendur, terutama di bagian kantong mata. Selain itu, mata pun tampak sedikit memerah dan sedikit bengkak serta kantong mata yang menghitam.

Penelitian lebih lanjut pada kulit mereka terlihat bahwa kulit sedikit lebih pucat dari biasanya dan kerutan yang dulunya tidak nampak, kini semakin terlihat. Bahkan saat para responden tersebut difoto satu persatu, terlihat perbedaan besar dari yang kurang tidur dan yang tidurnya cukup, yaitu, mereka yang tidurnya kurang, wajahnya terlihat sedih.

Mengapa kurang tidur bisa langsung menurunkan penampilan Anda?

 

  • Produksi kolagen terhambat

Selama ini kita tidak mengira bahwa dampak kurang tidur begitu instan terlihat hanya dalam waktu 31 jam saja. Kualitas tidur kita berpengaruh pada bagaimana tubuh membenahi sel-sel kulit yang rusak. Dengan cukup tidur, tubuh bisa memproduksi kolagen yang membantu mengencangkan kulit wajah Anda.

  • Peredaran darah tidak lancar

Kekurangan tidur menyebabkan mata panda karena peredaran darah di sekitar kantong mata tidak lancar. Akhirnya kulit di sekitar mata menjadi lebih gelap.

  • Mood naik turun

Karena peredaran darah yang kurang lancar, hormon pada tubuh juga tidak bekerja secara maksimal dan akhirnya berdampak pada mood kita. Itulah mengapa seringkali kita jadi cepat marah akibat kurang tidur.

 

Menjaga kualitas tidur agar penampilan tetap menarik

Lagi-lagi, studi dari para ilmuwan menjelaskan bahwa tidur berlebihan untuk ‘balas dendam’ karena kurang tidur itu sangat tidak dianjurkan. Yang terpenting adalah, ketika Anda bangun, Anda harus merasa lebih fresh dari sebelumnya. Dan waktu tidur paling baik adalah 7-9 jam saja dan tidak lebih.

Buatlah lingkungan rumah serta ruang tidur Anda dalam kondisi senyaman mungkin agar Anda juga bisa tidur dengan nyenyak. Hal-hal kecil yang bisa Anda perhatikan yaitu pemakaian kasur dan bantal yang nyaman serta menjauhkan diri dari gadget atau alat elektronik lain yang bisa mengganggu waktu tidur Anda.

Tagged ,

About tokoinoac.com

Toko INOAC merupakan toko resmi kasur busa dan sofa bed yang diproduksi oleh PT. Inoac Polytechno Indonesia.
View all posts by tokoinoac.com →

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *