Kasur Busa, Kesehatan Tidur

5 Fakta Tentang Kutu Kasur dan Cara Membasminya

Fakta megenai Kutu Kasur

Apakah Anda baru saja membeli kasur baru? Kenikmatan tidur di kasur baru ternyata perlu disertai dengan kewaspadaan terhadap musuh utamanya. Jika tidak, enaknya tidur di kasur baru hanya akan berlangsung beberapa saat saja. Kutu busuk atau tungau menjadi musuh pengganggu utama yang mengusik kenyamanan bagi setiap pengguna kasur. Nah, berikut ini 5 fakta tentang tungau yang perlu Anda ketahui.

  1. Tungau berukuran sangat kecil, kutu dewasa ukurannya kira-kira sebesar biji apel dengan tubuh pipih seperti kertas. Tungau berkembang biak dengan cepat, hidup berkoloni, dan bergerak mencari makan di waktu malam.
  2. Tungau atau yang disebut kutu kasur sebenarnya tak hanya bersembunyi di kasur saja tetapi juga di sofa, karpet, bantal, selimut, di tepi-tepi dinding, di balik cat dinding yang terkelupas, bahkan di balik lampu dinding.
  3. Tungau ternyata tak hanya bersarang di tempat-tempat yang kotor saja, tetapi juga bisa bersembunyi di tempat yang bersih.
  4. Saat menggigit dan menghisap darah manusia, tungau akan menimbulkan efek ruam dan rasa gatal yang cenderung panas, bentol-bentol bahkan reaksi alergi yang serius pada sebagian orang. Rasa gatal tersebut bertahan cukup lama dan membuat Anda ingin terus menggaruknya sehingga kulit menjadi lecet-lecet dan meninggalkan bekas luka.
  5. Kamar tidur adalah tempat favorit para tungau berkembang biak sebab umumnya kamar tidur memiliki lingkungan yang lembab. Tungau yang berkembang biak di kasur bisa mencapai jumlah 10 juta tungau dan 10% jumlahnya berkembang biak di bantal.

Cara-cara Membasi Kutu Kasur

Fakta-fakta tentang kutu kasur tersebut cukup mengerikan, bukan? Memang tak ada yang lebih menganggu daripada keberadaan kutu busuk yang bersembunyi di kasur. Hama yang satu ini terbilang cukup sulit diberantas. Untuk menghindari dan mengatasinya, simak beberapa cara berikut ini.

  • Silika gel

Untuk kasur baru, sebaiknya lakukan langkah pencegahan dengan menaburkan silica gel di seluruh bagian kasur. Kutu kasur yang berusaha mencermari kasur baru akan menempel pada silica gel tersebut dan mati dengan sendirinya.

  • Insektisida

Bisa dibilang inilah cara yang paling mudah untuk membasmi kutu kasur. Anda bisa menyemprot permukaan kasur dengan menggunakan obat pembasmi kutu dengan kadar racun yang tidak terlampau keras. Lakukan secara bertahap sampai masa telur kutu menetas sehingga tak ada generasi baru kutu kasur yang dapat berkembang.

  • Campuran kapur barus dan minyak tanah

Selain menggunakan insektisida, Anda juga bisa memanfaatkan campuran kapur barus yang sudah dihaluskan dan minyak tanah. Masukkan ke dalam sebuah wadah semprotan dan semprotkan di permukaan kasur, lipatan-lipatan jahitan kasur, dan tempat-tempat yang menjadi sarang persembunyian tungau.

  • Cuka

Cuka telah digunakan oleh para ibu untuk berbagai keperluan di dapur, termasuk untuk membersihkan peralatan dapur. Ternyata bahan yang satu ini juga bisa dipakai untuk mengusir kutu kasur. Cukup semprotkan cairan cuka pada tempat-tempat yang dicurigai berkutu untuk membasmi kutu dan telurnya.

  • Cairan garam

Jika Anda tidak suka dengan aroma menyengat insektisida, campuran kapur barus dan minyak tanah, ataupun cuka, masih ada pilihan cara memberantas kutu busuk lainnya. Cukup siapkan garam dan larutkan dengan sedikit air. Kemudian semprotkan cairan garam ini di permukaan kasur dan di tempat-tempat persembunyian tungau.

  • Memilih warna sprei yang tepat

Selain melakukan langkah membasmi kutu kasur, Anda pun bisa memerangi keberadaan hama tersebut dengan memilih warna sprei yang tepat. Berdasarkan penelitian terbaru, sebaiknya hindari menggunakan sprei berwarna hitam dan merah. Sebab tungau ternyata senang bersembunyi di tempat-tempat yang gelap. Pilihlah sprei dengan warna-warna yang terang dan bersih seperti putih atau kuning untuk membuat mereka tak betah.

Nah, berbekal pengetahuan seputar 5 fakta kutu kasur dan cara membasminya, kini Anda tak perlu lagi kuatir dengan gangguan kutu kasur atau tungau. Selain langkah pembasmian, pastikan rumah selalu dalam keadaan bersih dan tidak lembab sehingga kutu busuk tidak meraja lela. Bukalah jendela-jendela agar kamar tidur dan ruangan-ruangan lainnya di dalam rumah tidak lembab. Rumah dan kamar tidur yang bebas dari kutu kasur atau tungau tentu akan membuat kualitas hidup Anda menjadi lebih baik.

Tagged , , ,

About tokoinoac.com

Toko INOAC merupakan toko resmi kasur busa dan sofa bed yang diproduksi oleh PT. Inoac Polytechno Indonesia.
View all posts by tokoinoac.com →

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *